Tuesday, February 23, 2016

Cara & Tips Menjadi Penyiar Radio



HELLO VISITOR!
Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel, 
yang membahas tentang Menjadi penyiar radio yang baik 
Kebetulan saya juga penyiar radio di Gelombang
107.3FM ABRadio

Tanpa basa-basi lagi mari kita lihat Artikel yang satu ini
CheckThisOut!



1. Bekali Diri : Untuk calon penyiar harus membekali diri sendiri. Bekal yang dimaksud dapat berupa pengetahuan yang luas, iman yang kuat dll.

2. Banyak mencari tahu : memiliki wawasan yang luas. Hal ini disebabkan ketika On Air, para pendengar akan menilai bahwa sang penyiar adalah seorang yang maha tahu. Untuk itulah seorang penyiar harus banyak mencari tahu untuk menambah wawasan yang dimilikinya.

3. Cinta music : Dalam penyiaran radio, pasti tidak akan lepas dari yang namanya music. Mulai dari pembuka hingga penutup, program radio pasti akan didominasi akan suara music (kecuali program tertentu).

4. Perhatikan attitude : Berani menjadi seorang penyiar berarti berani menjadi sorotan di public. Karena akan mengundang banyak perhatian orang, maka dari itu seorang penyiar radio harus mampu menjaga attitude (sikap). Semakin sopan sikap kita, semakin santun tingkah laku kita, seorang penyiar radio akan lebih dihormati dan disegani.
  
5. Latihan vocal : Saat penyiar radio sedang On Air, tidak bisa ditampik bahwa suara adalah syarat dan hal yang sangat wajib di radio. Entah suara music, ataupun suara bercerita sang penyiar. Terkadang saat kita bercerita, kita akan menemui saat dimana kita akan kesulitan mengucapkan sebuah kata. Sering kali penyiar menghadapi situasi demikian saat membawakan program yang bernuansa semangat. 
Dalam program ini, penyiar radio diharuskan untuk berbicara dengan nada semangat. Untuk itu, kadang penyiar meningkatkan kecepatan berbicaranya (walau tidak semua) agar terlihat semangat. Saat berbicara sedikit cepat inilah kadang suatu kata akan terucap tidak jelas, salah pengucapan dll. Untuk itu, latihan vocal diperlukan. A I U e E O

6. Gaul : Disini gaul yang dimaksud adalah selalu up-date dengan apa-apa saja yang sedang trend dan popular di masyarakat, berita atau informasi apa saja yang ramai dibicarakan.

7. Berdoa : Menjadi hal wajib sebagai penyiar radio yang beriman untuk berdoa menurut keimanan masing-masing.


Sekian Artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian ya tentunya.
Sampai Jumpa.
Wassalam!   

No comments: